Tanaman Hias Mini

posted in: Berita & Artikel | 0

Penyusun: Darmawati Tamam & Unie Soedjatmiko

Penerbit: Penebar Swadaya, 2005

Penyadur: Astuti Rusmarawati (Creator Rumah Teduh-Green Souvenir).

Umumnya, tanaman hias dibiarkan tumbuh secara normal sesuai dengan sifat pertumbuhannya.  Namun seiring dengan kreatifitas pencinta tanaman hias, ada pula tanaman hias kecil yang dijaga agar pertumbuhannya tetap mini atau tanaman hias besar yang secara sengaja dikondisikan supaya tumbuh “mini”.  Tanaman inilah yang populer dengan sebutan Tanaman Hias Mini.

Tanaman hias mini sebenarnya tanaman hias biasa yang dari muda tetap dipertahankan dalam ukuran kecil atau ukuran yang dikehendaki.  Biasanya tanaman hias mini berukuran sekitar 5-25cm, tergantung jenis tanaman.  Tanaman hias mini merupakan tanaman hias indoor maupun outdoor yang berkesan dekoratif, bentuknya kecil, unik, menarik, dan perawatannyapun relatif mudah.

Penampilan tanaman hias mini semakin menarik bila diberikan wadah atau pot yang bentuknya mungil, unik, dan cantik serta serasi, sehingga meningkatkan nilai estetika dan menambah daya tarik.  Secara komersial, nilai ekonomis tanaman tersebut juga akan meningkat.

Tanaman hias pot dalam ruangan dapat menciptakan suasana segar dan tidak kaku.  Keindahannya dapat dinikmati setiap saat bila diletakkan di tempat yang sangat dekat dengan kegiatan kita misalnya di ruang tamu, meja makan, meja kerja, sudut ruang atau teras.